Main Article Content

Abstract

Artikel ini memaparkan best practice dalam meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII saat pembelajaran matematika melalui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan game ubur-ubur pada materi bentuk fungsi. Praktik terbaik ini diterapkan di kelas VIII E SMPN 8 Tegal  dengan  tujuan  utama  untuk  mendorong  partisipasi  aktif  peserta  didik  dalam  proses pembelajaran, khususnya saat diskusi dan pengerjaan soal. Praktik baik ini menggunakan teknik pengumpulan data yang beragam, yaitu observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati perilaku dan interaksi peserta didik selama pembelajaran, dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan  data berupa foto dan  video.  Instrumen  utama yang digunakan  dalam observasi ini adalah LKPD berbantuan game ubur-ubur. LKPD ini dirancang dengan mengintegrasikan elemen permainan yang menarik dan interaktif, sehingga mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi peserta didik dalam belajar. Berdasarkan refleksi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbantuan game ubur-ubur terbukti dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam diskusi  dan  pengerjaan  soal,  serta  meningkatnya  semangat  dan  antusiasme  mereka  dalam belajar matematika.

Keywords

best practice keaktifan lkpd game ubur – ubur bentuk fungsi

Article Details