Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan di kelas X-9 SMA Negeri 4 Tegal dilatarbelakangi oleh
rendahnya minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada saat
Ulangan Tengah Semester memiliki rata-rata 54. Nilai rata-rata tersebut masih dibawah KKM
yaitu sebesar 70. Selain itu minat belajar peserta didik masih rendah. Berdasarkan hasil observasi
dapat dilihat peserta didik kurang bersemangat, tidak focus pada saat kegiatan Pembelajaran,
tidak menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dan lainnya. Oleh karena itu penulis
memilih model Pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar
peserta didik. Model Pembelajaran berdiferensiasi dipilih peneliti berdasarkan hasil asesmen
diagnostic yang menunjukan adanya keberagaman gaya belajar peserta didik di kelas X-9.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model Pembelajaran berdiferensiasi
dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik di kelas X-9 SMA Negeri 4
Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan,
pelaksanaan Tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas
X-9 SMA Negeri 4 Tegal yang berjumlah 34 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan
peneliti adalah data kuantitaif dan kualitatif. Data kuantitaif berupa data observasi minat yang
dilakukan oleh peneliti, hasil belajar dari pretest dan postest yang telah dilakukan. Sedangkan
data kualitatif berupa lembar observasi minat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1)
pelaksanaan model Pembelajaran berdiferensiasi terlaksana dengan baik, 2) adanya peningkatan
minat belajar peserta didik pada penerapan Pembelajaran berdiferensiasi pada setiap siklus, 3)
adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penggunaan model Pembelajaran
berdiferensiasi yaitu pada pra siklus, nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yaitu 54, pada
siklus ke 1 nilai rata-rata yang diperoleh sebanyak 64 dan pada pelaksanaan siklus ke 2 nilai ratarata peserta didik meningkat menjadi 91. Hasil akhir pada pelaksanaan siklus 2 menunjukkan
bahwa semua peserta didik di kelas X-9 lulus KKM pada mata pelajaran ekonomi materi Alat
Pembayaran. Penerapan model pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan minat belajar
dan hasil belajar peserta didik di kelas X-9 SMA Negeri 4 Tegal

Keywords

PTK Ekonomi Pembelajaran Berdiferensiasi Minat

Article Details