Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia mengenai hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah. di era penggunaan
kurikulum merdeka dengan pembelajaran student center learning atau pembelajaran yang
berpuasat pada peserta didik belum dijalankan dengan maksimal. Metode penelitian
menggunakan pendekatan positivisme-kuantitatif. Positivisme adalah penelitian yang
menggunakan data kuantitatif untuk menguji hipotesis pengaruh atau hubungan antar
variabel yang diteliti. Berdasarkan perbandingan skor rata-rata penilaian kemampuan
berpikir kritis dan hasil belajar pada tabel 11 dapat diperoleh hasil sebagai berikut. Pada
pratindakan skor rata-rata penilaian materi teks tanggapan diperoleh sebesar 70 dengan
nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 35, kemudian pada siklus 1 skor meningkat 17%
menjadi sebesar 80 dengan nilai tertinggi 88 dan nilai terendah 67. Sedangkan kenaikan
pada siklus 2 yaitu dengan nilai rata-rata 83 dengan nilai tertinggi 91 dan nilai terendah 72
Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terjadi peningkatan pada penggunaan model
pembelajaran model problem based learning dalam materi tanggapan.

Keywords

Berpikir Kritis Hasil Belajar Teks Tanggapan Problem Based Learning

Article Details