Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama
khususnya siswa kelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Pada kondisi awal, siswa
mengikuti pembelajaran dengan model genre based aproach tanpa media yang menarik, hanya
gambar dan video biasa, sehingga didapatkan nilai tes keterampilan menulis siswa masih rendah. Hal
tersebut ditunjukkan dengan adanya nilai tes menulis pada kondisi awal yaitu sebanyak 26 siswa
masih belum tuntas belajar, dengan prosentase 81% belum tuntas. Namun, setelah dilakukan tindakan
berupa penggunan media mind mapping dan menggunakan model pembelajaran discovery learning,
keterampilan menulis siswa meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tes siklus I
sebesar 69% siswa saja yang belum tuntas belajar, kemudian pada siklus II hanya 28% dari siswa yang
belum tuntas. Penelitian ini menggunakan isntrumen berupa tes dan observasi, dan analisis data
menggunakan teknik deskriptif kuantitatif karena angka yang diperoleh dijabarkan secara detail.

Keywords

descriptive text discovery learning mind mapping

Article Details