Main Article Content

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada peserta didik di kelas VIIC
UPTD SPF SMP Negeri 12 Tegal pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Materi
Menghargai Lingkungan dan budaya lokal memiliki nilai rendah pada aktivitas dan hasil
belajar peserta didik, dilatarbelakangi metode pembelajaran kurang efektif. Tujuan
Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari metode window shopping untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Peserta Didik. Metode penelitian ini yaitu
kuantitatif untuk mengukur tingkat aktivitas hasil belajar dan Kualitatif untuk menganalisis
hasil dari penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil pengamatan
menunjukan: (1) Rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada pra-siklus adalah 55
kategori kurang aktif, Siklus I 64 kategori cukup aktif dan siklus II 76 kategori aktif. (2) Ratarata hasil belajar peserta didik pada pra-siklus sebesar 60,00 kategori belum tuntas, siklus
I 86,11 kategori tuntas dan siklus II 87,22 kategori tuntas. Dapat disimpulkan bahwa terjadi
peningkatan dengan menggunakan metode window shopping.

Keywords

Window Shopping Aktivitas Belajar Hasil Belajar

Article Details