Main Article Content
Abstract
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas dan subjek dari penelitian ini
adalah 27 peserta didik di kelas VII D SMP Negeri 12 Tegal. Data dikumpulkan melalui
observasi, tes dan angket dan menggunakan instrumen lembar observasi, angket dan evaluasi.
Analisis deskriptif persentase digunakan untuk menganalisis data. 75% peserta didik yang
mengikuti proses pembelajaran menunjukkan peningkatan hasil belajar PPKn, yang
merupakan indikator keberhasilan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Kooperatif
Learning Tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Setelah menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT, minat belajar peserta didik meningkat sebesar 47%
pada siklus I menjadi 63,5% pada siklus II, atau sebesar 16,5% pada kategori tinggi. Hasil
evaluasi belajar menunjukkan peningkatan minat belajar peserta didik. Ini berdampak pada
peningkatan hasil belajar peserta didik dari 50% pada siklus I menjadi 83,3% pada siklus II,
atau naik 33,3%.