Main Article Content
Abstract
Best practice berjudul "Pembelajaran Kooperatif berupa TGT dengan Mengaplikasikan TTS untuk Memaksimalkan Kualitas Belajar Siswa" dilatarbelakangi oleh kurangnya peningkatan niliai yang signifikan dan kurang aktifnya siswa kelas X MPLB 4 saat mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini lah yang menjadi persoalan untuk bisa memaksimalkan kualitas belajar dalam rangka pelaksanaan pelajaran di kelas X MPLB 4. Tujuan penelitian ini yaitu memaksimalkan kualitas belajar siswa dengan mengaplikasikan media TTS dalam pembelajaran kooperatif kelas X MPLB 4 SMK Negeri 1 Slawi. Setelah mengkaji dan menelaah temuan, peneliti memilih pembelajaran kooperatif yaitu berupa Teams Game Tournament (TGT). Penelitian ini tergolong bagian dari jenis deskriptif kualitatif. Hal ini, dikarenakan analisis data menggunakan penjabaran deskripsi. Penelitian berisi 5 tahap adalah tahap pertama Penyajian kelas, tahap selanjutnya belajar dalam kelompok, tahap berikutnya permainan/games, selanjutnya pertandingan, terakhir penghargaan kelompok. Dengan menerapkannya pembelajaran kooperatif menggunakan berupa TGT, siswa wajib mengerti materi dan juga setiap anggota kelompoknya harus bekerja sama mempelajarinya, yang menghasilkan hasil belajar lebih baik lagi. Model ini menjadikan siswa menjadi bertambah aktif dalam pembelajaran terlihat pada saat pembelajaran berlangsung, siswa saling berbagi peran dan bekerja sama, siswa dapat berkolaborasi antar anggota kelompok.