Main Article Content
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran merupakan upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Latar belakang dari praktik terbaik ini meliputi: 1) Ketidakmampuan guru dalam memanfaatkan teknologi secara optimal dalam pembelajaran, 2) Proses asesmen awal yang monoton dan kurang melibatkan siswa, 3) Penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif, dan 4) Kurangnya variasi dalam bahan ajar dan asesmen. Tujuan dari praktik terbaik ini adalah untuk menciptakan asesmen awal kognitif yang menarik dengan memanfaatkan Quizizz tanpa menghilangkan esensi materi teks deskripsi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Praktik terbaik ini disusun dengan menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi, dan Dampak) dengan melibatkan siswa kelas 7D SMPN 7 Kota Tegal. Teknik pengumpulan data menggunakan tekni observasi. Quizizz digunakan sebagai alat asesmen diagnostik kognitif untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan antusiasme siswa. Hasil praktik menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, dengan data kuantitatif yang menunjukkan rata-rata nilai mencapai 82 dan sebagian besar siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penggunaan Quizizz juga membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan menarik, serta memberikan dampak positif terhadap motivasi dan partisipasi siswa.