Main Article Content

Abstract

Kemampuan menemukan gagasan pokok suatu paragraf yang terdapat dalam sebuah bacaan merupakan kemampuan yang penting bagi siswa untuk memahami inti bacaan. Pemahaman terhadap inti bacaan akan berguna bagi siswa untuk menyerap informasi penting dan mendapatkan pengetahuan secara tepat. Oleh karena itu, kesulitan siswa dalam menganalisis gagasan pokok teks nonfiksi merupakan permasalahan yang penting untuk segera diatasi. Penggunaan media pembelajaran kartu berpasangan diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan pemahaman konsep gagasan pokok dalam sebuah paragraf. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data berupa hasil observasi keaktifan siswa dan rubrik penilaian lembar kerja. Berdasarkan analisis hasil pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan media kartu berpasangan, timbul dampak positif bagi guru dan siswa. Guru menjadi semakin inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran di kelas. Selain itu, terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis materi gagasan pokok yang diiringi dengan peningkatan motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords

best practice kartu berpasangan gagasan pokok

Article Details