Main Article Content
Abstract
rtikel best practice ini membahas tentang implementasi pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Desain
pembelajaran tersebut merupakan respon dari situasi di mana tiap peserta didik merupakan pribadi yang potensial namun kerap tidak kondusif dalam menjalani proses belajar matematika karena faktor internal (motivasi belajar) maupun faktor eksternal (gangguan dari peserta didik lain dan kesesuaian desain pembelajaran). Artikel best practice ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tegal pada bulan September tahun 2024. Subjek penelitian ini yaitu 36 peserta didik kelas X 7 SMA Negeri 3 Tegal. Metode penulisan artikel ini menggunakan analisis STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, dan Refleksi). Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika peserta didik. Melalui pembelajaran tersebut, peserta didik aktif dan produktif dalam belajar melalui aktivitas diskusi kelompok dengan bimbingan guru dan
pengerjaan LKPD yang di tempel pada papan tulis. Desain pembelajaran tersebut merupakan salah satu desain pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.