Main Article Content

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi dengan pendakatan TaRL dan CRT perlu diterapkan dalam menciptakan suasana belajar yang berbasis pada perkembangan setiap individu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diadopsi dari Kemmis dan Taggart. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Slawi tahun pelajaran 2024/2025, dengan subjek penelitian adalah kelas XI AKL 1. Prosedur penelitian mengikuti alur PTK, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hingga refleksi. Data dikumpulkan dengan lembar observasi yang diperoleh melalui pengamatan proses pembelajaran dan melalui hasil tes di akhir siklus pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 29 orang dengan perolehan ketuntasan klasikal siklus I sebesar 65,71%, yang menunjukan bahwa terdapat 23 orang memperoleh nilai di atas 75, dan 12 orang tidak memenuhi standar ketuntasan. Kemudian pada siklus II dengan perolehan ketuntasan sebesar 88,57%, yang menunjukkan bahwa terdapat 31 orang memenuhi standar ketuntasan, dan hanya 3 orang siswa yang tidak memenuhi ketuntasan minimal. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan TaRL dan CRT terhadap mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengkalsifikasian kemampuan siswa, menggunakan pengembangan materi yang bervariasi sesuai kemampuan siswa, dan melakukan pendekatan secara individu.

Keywords

Pembelajaran Berdiferensiasi TaRL CRT Hasil Belajar

Article Details