Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dankondisi ketidakmampuan bersosialisasi pada siswa introvertdi SMAN 5 Kota TegalTahun Pelajaran 2021/2022.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Adapun cara pengambilan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasiBerdasarkan hasil penelitiann faktor penyebab siswa memiliki kepribadian introvert adalah faktor genetik atau faktor keluarga yang mana adanya keturunan dari salah satu anggota keluarga yang memiliki kepribadian introvert, serta faktor lingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah mempengaruhi pola sosialisasi siswa introvert.Ketidakmampuan bersosialisasi pada siswa ditunjukkan ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, Ketika guru memberikan implus untuk memancing keaktifan, mereka akan cenderung mengalah dan menunggu guru menunjukkannya. Selain itu siswa dengan kepribadian introvert cenderung tidak percaya diri dan pasif berkomunikasi dengan orang lain karena merasa nyaman dengan dunianya sendiri.


 

Keywords

Ketidakmampuan bersosialisasi, siswa introvet

Article Details