Main Article Content
Abstract
Masalah dalam penulisan ini, adalah sekelompok mahasiswa yang kurang bisa mengendalikan diri pada kebiasaan mereka dalam mengkonsumsi suatu barang, sehingga timbul perilaku konsumtif yang ada pada mereka. Perilaku konsumtif muncul karena adanya modernitas akibat arus globalisasi yang membuat perubahan. Teknologi memberikan dampak dan pengaruh yang besar bagi seseorang menjadi memiliki perilaku konsumtif, kecepatan akses, kemudahan dalam mencari barang tanpa harus mengeluarkan tenaga yang lebih. Ketika konsumtif seperti ini ada pada semua mahasiswa, ditambah zaman yang semakin canggih membuat akses menjadi mudah dan instan sehingga memunculkan budaya konsumtif pada mahasiswa. Pentingnya peneliti ini bertujuan untuk (a) bagaimana terbentuknya perilaku konsumtif pada mahasiswa angkatan 2019 di BK FKIP UPS Tegal, (2) bagaimana bentuk dari perilaku konsumtif dan gaya hidup instan yang ada di mahasiswa angkatan 2019 BK FKIP UPS Tegal, (3) aspek psikologis yang mempengaruhi perilaku konsumtif pada mahasiswa BK FKIP UPS Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan sumber data mahasiswa bimbingan dan konseling ups tegal angkatan 2019, serta data-data yang digunakan dalam menunjang penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai validitas data. Hasil penelitian menunjukkan kebanyakan mereka (mahasiswa) yang memiliki perilaku konsumtif karena latar belakang mereka yang tidak mengikuti kegiatan di dalam kampus maupun di luar, media sosial dalam penyiarannya pun ikut berperan membuat perubahan, mereka kehilangan identitas akibat pertukaran kultur budaya luar yang masuk ke indonesia, faktor psikologis yang ada pada masing-masing mahasiswa juga mempengaruhi, motivasi dalam pembelian barang, persepsi yang timbul dalam benak mereka dalam menggunakan barang, keyakinan dan sikap, serta bagaimana proses belajar dan pengamatan yang mereka peroleh.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.