Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan minat studi lanjutan rendah menjadi tinggi dengan menggunakan layanan bimbingan karir berpendekatan reframing pada siswakelas VIII SMP Negeri 8 Satu Atap Dukuh Pandansari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimen menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi yang digunakan adalah siswakelas VIII SMP Negeri 8 Satu Atap Dukuh Pandansari Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 64 siswa, kemudian diambil sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswakelas VIII tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 siswa yang memiliki minat rendah terhadap studi berkelanjutan. Jenis teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan jenis purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dengan teknik ratting scale menggunakan skor skala Likert, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji coba instrumen untuk menguji validitas dan reliabilitas menggunakan perhitungan IBM SPSS version 22. Data dianalisis dengan teknik membandingkan antara skor tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan statistic uji t-test.

Keywords

Bimbingan Karir Pendekatan Reframing, Minat Studi Lanjut

Article Details