KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TERAPI MEWARNAI MANDALA UNTUK MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI OTKP DI SMK PGRI 2 TAMAN KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG
Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah usaha secara sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi diri masing-masing, supaya mampu menjadi orang yang berguna bagi diri sendiri maupun untuk negaranya. Dengan melalui pendidikan, individu dapat mengembangkan potensi diri yang setinggi-tingginya dalam aspek fisik, intelektual, emosioanal, sosial dan spritual, sesuai dengan tahap perkembangan serta karakteristik lingkungan fisik dan lingkungan sosial budaya dimana mereka tinggal. Kegiatan belajar disetiap peserta didik tidak selalu berjalan dengan lancar. Kadang lancar dan kadang ada hambatannya. Permasalahan belajar pada peserta didik yang sering muncul yaitu kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar merupakan suatu kondisi mental seseorang saat mengalami rasa bosan dan lelah yang amat sangat sehingga menimbulkan timbulnya rasa enggan, lesu, tidak bersemangat, atau tidak bergairah untuk melakukan aktivitas belajar. Persoalan tentang kejenuhan belajar tersebut bila dibiarkan akan berdampak pada perolehan prestasi belajar. Maka dari itu, guru bimbingan dan konseling segera memainkan perannya untuk meminimalisirkan hal tersebut. Banyak cara dilakukan salah satu diantaranya adalah layanan bimbingan klasikal. Bimbingan Klasikal merupakan pemberian bantuan kepada individu yang dilaksanakan dengan jumlah yang besar. Layanan bimbingan klasikal dengan terapi mewarnai mandala merupakan terapi untuk meningkatkan kesehatan psikologis. Terapi mewarnai mandala dapat menenangkan peserta didik/klien pada saat memproses emosi dan pikirannya. Terapi mewarnai mandala dapat membantu memusatkan perhatian, oleh karena itu mewarnai mandala sangat baik menenangkan mood, stres, kebosanan, dan kecemasan.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desaian penelitian dalam penelitian ini yaitu Pre Eksperimental Design dengan menggunakan jenis One Group Pretest and Postest, dan pengumpulan data yang digunakan meliputi : Angket, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan tentang keeffektifan layanan bimbingan klasikal degan terapi mewarnai mandala untuk menurunkan kejenuhan belajar pada peserta didik kelas XI OTKP di SMK PGRI 2 Taman Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Dapat diperoleh kesimpulan bahwa bimbingan klasikal dengan terapi mewarnai mandala efektif menurunkan kejenuhan belajar sebanyak % terhadap kejenuhan belajar.