Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok teknik role playing efektif untuk meningkatkan perilaku hidup sehat pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Adapun cara pengambilan data yaitu menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata hasil pretes adalah 99,93 dari 14 responden. Sebaran data yang diperoleh adalah 12,875 dengan standar error 3,441, sedangkan rata-rata hasil postes adalah 126,21 dari 14 responden. Sebaran data yang diperoleh adalah 8,649 dengan standar error 2,311. Hal ini menunjukan hasil postest lebih baik daripada hasil pretest.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Thitung 7,912 dan Ttabel 1.771, karena nilai Thitung 7,912 > Ttabel 1,771, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat meningkatkan perilaku hidup sehat pada masa pandemi Covid-19 pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022.
Adapun saran yang dapat diajukan untuk semua pihak yang berkaitan seperti sekolah dan guru bimbingan konseling adalah diharapkan dapat saling bekerja sama dalam mengatasi masalah-masalah peserta didik khususnya masalah perilaku hidup sehat di masa pasca pandemi covid-19.
Kata kunci: Perilaku Hidup Sehat, Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.