Main Article Content

Abstract

Penyelanggaraan pendidikan menghadapi tantangan yang semakin komplek dan berat. Interaksi sosial melalui media smartphone yang semakin berkembang pesat dengan memberikan berbagai kemudahan maupun keunggulan dalam memangkas hambatan seperti waktu, jarak, cakupan, biaya, dan lain sebagainya.


Disisi lain, interaksi sosial melalui media smartphone ini juga memiliki pengaruh negatif pada peserta didik khususnya terkait perilaku. Interaksi sosial antara peserta didik dengan individu lain melalui media smartphone semakin leluasa dalam kaitannya dengan perbedaan faktor usia, jenis kelamin, budaya dan kebangsaan.


Perilaku merokok yang kebanyakan satu pengaruh negatif pada peserta didik tersebut yaitu perilaku merokok. Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mencegah dan mereduksi perilaku merokok peserta didik. Salah satu peran yang dapat dilakukan sekolah dalam hal ini yaitu dengan melalui pelaksanaan layanan bimbingan klasikal.


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas layanan bimbingan klasikal untuk mereduksi perilaku merokok peserta didik SMP.


Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sehingga dalam pelaksanaannya peneliti menentukan populasi atau sampel sebagai subjek penelitian, data yang dikumpulkan peneliti berdasarkan instrumen penelitian, sifat analisis datanya yaitu kuantitatif/statistik, yang bertujuan untuk melakukan pengujian terhadap hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya.


MetodeĀ  penelitian menggunakan eksperimen dengan jenis rancangan (design) Pre Eksperimental Design dengan salah satu dari tiga jenis rancangan ini yang dipilih dan digunakan peneliti yaitu desain One-Group Pretest-Posttest Design. Pretest dilakukan terhadap kelompok sebelum diberikan perlakuan/treatment, sedangkan Posttest diberikan setelah kelompok memperoleh perlakuan/treatment. Melalui cara tersebut maka hasil dari perlakuan/treatment akan lebih akurat karena diperolehnya perbandingan antara hasil pretest dengan hasil posttest.


Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner dan wawancara, observasi, dan analisis dokumen sebagai alat pengumpulan data penunjang.


Temuan penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dapat mereduksi perilaku merokok peserta didik. Hasil dalam penelitian ini menggambarkan seberapa besar efektitas seberapa besar efektivitas layanan bimbingan klasikal untuk mereduksi perilaku merokok peserta didik SMP.

Keywords

Layanan Bimbingan Klasikal Perilaku Merokok Peserta didik

Article Details