Main Article Content
Abstract
pada proses pembelajaran online dimasa pandemi covid-19 studi deskriptif. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 6 Petarukan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan untuk instrumen penelitiannya yaitu melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bagaimana perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas VII SMP N 6 Petarukan selama mengikuti proses pembelajaran online dari beberapa segi aspek perkembangan. Proses pembelajaran online semacam ini membuat banyak siswa merasa kurang bisa berinteraksi dengan teman, guru dan lingkungan sekitarnya. Siswa merasa bosan belajar karena terlalu banyak mengerjakan tugas yang diberikan, adanya tekanan orang tua dalam mendampingi anak belajar, minimnya siswa dalam memahami materi yang diberikan serta suasana pembelajaran online yang monoton menjadi salah satu faktor penghambat perkembangan kecerdasan emosional siswa. Secara umum, perubahan itu terjadi akibat tidak siapnya antara siswa, guru, dan orang tua dalam menghadapi situasi pembelajaran yang berbeda. Sehingga pelatihan karakter dan pengembangan kecerdasan emosional hanya dapat diperoleh dari lingkungan keluarga, tanpa dukungan sosialisasi dan media kreatif untuk menanamkan dan mengembangkan kepribadian emosional siswa.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.