Main Article Content

Abstract

pada proses pembelajaran online dimasa pandemi covid-19 studi deskriptif.  Sample dalam penelitian  ini  adalah siswa kelas VII SMP N 6 Petarukan. Pendekatan  yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan untuk instrumen penelitiannya yaitu melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan  bagaimana perkembangan  kecerdasan  emosional  siswa  kelas VII SMP N 6 Petarukan selama mengikuti proses pembelajaran  online  dari beberapa segi aspek perkembangan. Proses pembelajaran online semacam ini membuat banyak siswa merasa kurang bisa berinteraksi dengan teman, guru dan lingkungan sekitarnya. Siswa merasa bosan belajar karena terlalu banyak mengerjakan tugas yang diberikan, adanya tekanan orang tua dalam mendampingi anak belajar, minimnya siswa dalam memahami materi yang diberikan serta suasana pembelajaran online yang  monoton  menjadi  salah  satu  faktor  penghambat perkembangan kecerdasan  emosional  siswa. Secara  umum, perubahan itu terjadi akibat tidak siapnya antara siswa, guru, dan orang tua dalam menghadapi situasi pembelajaran yang berbeda. Sehingga pelatihan karakter dan pengembangan kecerdasan emosional hanya dapat diperoleh dari lingkungan keluarga, tanpa dukungan sosialisasi dan media kreatif untuk menanamkan dan mengembangkan kepribadian emosional siswa. 

Keywords

kecerdasan emosional pembelajaran online dampak pandemi

Article Details