Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Enrekang dan pengambilan sampel menggunakan tehnik purvosive sampling dengan berdasarkan kriteria perencanaan karir rendah. Terdapat 8 peserta didik yang terindikasi memiliki perencanaan karir rendah yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Enrekang melalui penerapan tehnik assertive training. Instrument penelitian adalah angket yang digunakan untuk mengukur tingkat perencanaan karir peserta didik sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) treatment (perlakuan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan tehnik assertive training dapat meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Enrekang. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test angket perencanaan karir, dimana total skor sebesar 331 dengan rata-rata 41,38 sehingga termasuk dalam kategori perencanaan karir sangat rendah, dan mengalami peningkatan pada hasil post-test angket dengan total skor sebesar 692 dengan rata-rata 86,5 sehingga berada pada kategori perencanaan karir tinggi. Berdasarkan hasil uji paired sample t test Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 (p < 0.05) menunjukkan perubahan peningkatan perencanaan karir yang singnifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima berarti penerapan tehnik assertive training dapat meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas IX di SMP negeri 2 Enrekang.

Keywords

Tekhnik Assertive Training Perencanaan Karir

Article Details