Main Article Content

Abstract

Burnout belajar akan mengacu dan berdampak pada kondisi psikologis, sehingga mengakibatkan stres yang berlebih. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran yang di ikuti oleh mahasiswa secara daring sehingga mengkibatkan kelelahan emosional, kecenderungan berdampak pada stres, serta perasaan prestasi yang menurun. Adanya pandemi covid-19 ini berdampak juga pada mahasiswa perguruan tinggi. Dampak yang terjadi ditunutuk untuk menetap dirumah saja guna mengurangi penularan virus corona. Sehingga kegiatan belajar mengajar dialihkan dengan melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara daring. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh pemahaman tentang faktor penyebab burnout belajar selama pandemi covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Tujuan mengguanakan teknik tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini tersususn dengan kajian mengenai faktor-faktor penyebab burnout belajar selama pandemi covid-19.

Keywords

Leli Andriyani ; kejenuhan (Burnout), Bimbingan dan Konseling

Article Details