Apakah Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Abad 21?
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah model problem based learning merupakan solusi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa di abad 21. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data melalui berbagai sumber seperti buku, artikel dan literatur lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis lebih mendalam dan disajikan dalam tulisan ilmiah. Pencarian data jurnal dalam penelitian ini menggunakan data base Google Scholar. Berdasarkan pencarian jurnal yang telah dilakukan, ditemukan 20 jurnal yang relevan untuk dilakukan analisis. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa model problem based learning merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di abad 21.
Article Details
References
Banyal, N. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Model Problem based learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Indeks Harga dan Inflasi Siswa SMA. 4(2), 189–194. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS
Canl?, S., & Demirta?, H. (2017). The Impact of Globalization on Teaching Profession: The Global Teacher. Journal of Education and Training Studies, 6(1), 80. https://doi.org/10.11114/jets.v6i1.2792
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem based learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Fadilah, A. N., Adisel, A., Syafri, F. S., & Suryati, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 152-159.
Mulyani,Y. (2021). Science , Engineering , Education , and Development Studies ( SEEDS ): Conference Series Metode Problem based learning Pada Pembelajaran Ekonomi. 5(1), 12–16.
Muhajirin, M. (2019). Pengaruh Model Problem based learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas …, 1–6. http://103.76.50.195/semnasfisika/article/view/8708
Nurvitasari, N., Jaya, F., & Seituni, S. (2021). A PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. EDUSAINTEK: JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI, 8(2), 257-267.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1 ? , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.
Pamungkas, T. (2020). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem based learning) (ke-1). Guepedia The First On-Publisher in Indonesia.
Romadhoni, I., Mahardika, I., & Harijanto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning (Pbl) Disertai Media Cd Interaktif Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Sma Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(4), 116889. https://core.ac.uk/download/pdf/297192094.pdf
Susanti., R., & Rian Vebrianto. (2021). PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DI SD/MI (ke-1). DOTPLUS Publisher.
SUSWATI, U. (2021). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 127–136. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.444
Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan, 1(November 2018), 1276–1283.
Widyaningrum, H. (2016). Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 1, 268–277.
Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian …, 406–411. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10709