Evaluasi Program Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Peningkatan Mutu Madrasah Menggunakan Model CIPP (Studi di Madrasah Al Muddatsiriyah, Jakarta)

Isi Artikel Utama

Saimroh Saimroh
Sumarsih Anwar

Abstrak

Pandemi Covid-19 berdampak pada penutupan sekolah lebih dari 91 persen  populasi siswa di dunia. Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi bagi lembaga pendidikan untuk tetap memberikan layanan pendidikan meskipun siswa belajar dari rumah. Namun pembelajaran jarak jauh menemukan berbagai tantangan dan hambatan. Berbagai studi evaluasi dilakukan untuk mengukur efektifitas pembelajaran jarak jauh di lembaga pendidikan namun dilakukan secara parsial. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran jarak jauh secara komprehensif menggunakan model evaluasi conteks, input, process, dan product (CIPP) guna peningkatan mutu pendidikan. Studi evaluasi dilakukan di Madrasah Aliyah Al Muddatsiriyah, Jakarta. Hasil evaluasi pada komponen konteks menunjukkan bahwa program pembelajaran jarak jauh berjalan sesuai arahan kebijakan dan kebutuhan, namun perlu sosialisasi kebijakan lebih masif. Evaluasi input pada sarana dan prasarana cukup memadai, kompetensi sosial dan kepribadian guru yang baik, namun masih lemah pada kompetensi pedagogik dan profesional guru. Proses pembelajaran jarak jauh berjalan efektif, namun perlu variasi dan kreatifitas pada metode dan materi pembelajaran online. Ketercapaian tinggi diperoleh pada peningkatan kemandirian belajar dan keterampilan teknologi siswa. Namun pemahaman terhadap materi dan keaktifan siswa masih rendah. Rekomendasi hasil penelitian ini adalah perluya peningkatan mutu e-learning madrasah, pelatihan guru untuk membuat konten pembelajaran online, bersinergi dengan orang tua, serta dunia usaha dan industri untuk meningkatkan mutu pembelajaran jarak jauh di madrasah.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Kencana.

Arifin, A. S., & Sukati, S. (2020). Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Pembelajaran Daring Selama Program Belajar Dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi COVID-19. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), 150. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).150-158

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. In Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan (Vol. 2, Issue 1, pp. 208–218). https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. In DINAS PENDIDIKAN KOTA PEKALONGAN (Buku 1, Issue 1). https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/

Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama. (2020). Pengguna E-learning Madrasah. https://elearning.kemenag.go.id/

Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.1

Hamalik, O. (2001). Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Kemdikbud. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 28. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Stufflebeam, D.L., Coryn, C. L. . (2014). Evaluation: Theory, Models, & Application (Second Edi). Jossey-Bass.

Zalsabella, M. P., Darmadi, D., Ningrum, P. P., Yuliarisma, S. A., Safitri, A., Prasetyo, Y. E., & Nabila, R. F. (2020). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Perasaan Tertekan Pada Siswa Kelas Tujuh Smp Saat Memahami Konsep Matematika. Jurnal Revi