Main Article Content
Abstract
Tingkat persaingan dalam dunia usaha yang semakin ketat seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini, menyebabkan dunia kerjam enuntut tersedianya tenaga kerja yang berkualitas. Begitu juga permintaan konsumen untuk menikmati pelayanan yang diberikan oleh perusahaan yang dapat memuaskan konsumen. Hal ini membuka peluang bagi setiap perusahaan untuk dapat memberikan mutu pelayanan yang lebih unggul dari para pesaingnya. Dalam meningkat kan mutu pelayanan, perusahaan harus tahu hal-hal yang perlu dilakukan dalam bersaing dengan perusahaan yang lain terutama untuk mendapat perhatian dari konsumen. Perusahaan berusaha untuk memenuhi kekurangan agar dapat memelihara pelanggannya dalam memenuhi tujuan utama bisnisny (Idriyansyah,2010). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dan fasilitas yang ada di PT.NISSAN-DATSUN TEGAL .Metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner kepuasan pelanggan ke 30 responden yang datang ke PT.NISSAN-DATSUN TEGAL untuk service kendaraan. Dari hasil kuisioner tersebut menghasilkan uji validitas yang semuanya valid dari10 pertanyaan tentang kepuasan terhadap fasilitas maupun pelayanan service dan uji reliabilitas menghasilkan nilai Alpha Cronbach=0,886 terletak diantara 0,80 s/d1 sehingga tingkat reliabilitasnya adalah Sangat Reliabel. Serta analisis six sigma pada kepuasan pelanggan terhadap pelayanan service berada di level sigma antara 3.18 sampai 3.36. Sedangkan padakepuasan pelanggan terhadap fasilitas service berada pada level sigma antara 3.20 sampai 3.35.