Main Article Content
Abstract
Kepercayaan konsumen akan kualitas suatu produk atau jasa menjadi modal yang besar bagi perusahaan untuk terus meningkatkan daya saing terhadap kompetitor perusahaan yang lain, maka perusahaan di dalam menjalankan proses produksinya harus memperhatikan sisi kualitas suatu produk dan menerapkan suatu istem pengendaliankualitas pada proses produksinya untuk menjaga kualitas produknya tetap terjaga. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengurangi jumlah cacat produk Flange DN-1500 di PT Barata Indonesia Cabang Tegal. Metode penelitian ini dengan menggunakan teknik Lembar Periksa, Pareto Dan Sebab Akibat sehingga bisa diketahui bahwa setiap minggunya selalu ada produk yang cacat dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi salah satunya dari faktor manusianya. Dari hasil pemnelitian ini bahwa masih kurangnya kedisiplinan dan ketilitian dalam berkerja, karena sangat berpengaruh terhadap kulitas produk sehinnga jumlah cacat dalam proses produksi Flange DN-1500dapat di minimalisir/ berkurang.