Main Article Content
Abstract
Pengendalian kualitas adalah aktivitas keteknikan dan menejemen,yang dengan aktivitas itu kita mengukur ciri-ciri kualitas produk, dengan membandingkannya ketentuan atau persyaratan dan mengambiltindakan perbaikan yang sesuai dengan penampilan yang distandarkan. Pengendalian kualitasa dalahsuatu aktivitas mejemen perusahaan untuk menjaga dan mengarahkan kualitas produk barang atau jasa perusahaan dapat dipertahankan guna sebagaimana direncanakan. Suatu produk yang memiliki kualitas yang sesuai dengan standar tinggi tentuakan mendapatkan tempat tersendiri di pasaran (marketnya). Konsumen tidak akan membeli produk yang kualitasnya tidak standar atau tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan. maka perusahaan harus selalu menyediakanproduk yangberkualitas agar para konsumen Pengendalian kualitas ini harus dilakukan dengan cara teratur dan terus menerus agar produk perusahaan menjadiproduk yang sesuai dengan apa yang diinginkan para konsumen dan perusahaan mengetahui penyimpanganpenyimpangan yang terjadi dalam proses produksinya dan segera dilakukan perbaikan.