STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA (JASA BOGA) CATERING RUMAHAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA CATERING "ARANGKADING" BU MAJI NGANJUK

Main Article Content

Afiff Yudha Tripariyanto

Abstract

Catering adalah salah satu wirausaha yang bergerak pada bidang makanan, Catering berasal dari kata 'Caterr' yang berati menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman untuk umum sebagai pelepas lapar dan dahaga. Perkembangan usaha jasa boga (Catering) saat ini tumbuh begitu sangat pesat sekali,dengan perkembangan ini kita dituntut untuk lebih mengembangkan dan berinovasi untuk memenangkan persaingan. Untuk memenagkan persaingan tersebut maka pemilik usaha perlu mempuyai strategi yaitu strategi SWOT. Permasalahan yang dimunculkan dan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dikembangkan dalam usaha catering "Arangkading" Bu Maji Nganjuk serta Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggunakan strategi apa yang sesuai dengan keadaan lingkungan untuk meningkatkan pengembangan Usaha Jasa Catering Bu Maji Nganjuk. Jenis Penelitian ini adalah Deskriptif dengan menganalisa data data yang diperoleh dilapangan secara langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi internal usaha jasa catering Bu Maji memiliki nilai 3,48 sedangkan pada kondisi eksternalnya memiliki nilai 3,11 yang berati perhitungan menggunakan perkalian bobot dan rating. Strategi yang dihasilkan adalah SO dengan nilai 3,99 dan Strategi WO mempuyai nilai 3,07. Dari hasil penelitian ini maka menunjukkan bahwa analisis SWOT layak digunakan secara nyata dan efektif oleh usaha jasa Catering "Arangkading" Bu Maji Nganjuk sebagai salah satu Merthode untuk proses pengembangan Usaha Catering Bu Maji Nganjuk.

Article Details

Section
Articles