Main Article Content

Abstract

Motivasi belajar berperan penting dalam menumbuhkan semangat belajar untuk mendapatkan nilai atau hasil yang baik. Motivasi belajar yang rendah ditandai dengan tidak mengerjakan
tugas, tidak memperhatikan di kelas saat proses pembelajaran, dan sering meninggalkan kelas pada jam pelajaran. Peserta didik yang kurang mempunyai motivasi belajar perlu bantuan
untuk menumbuhkan motivasi belajarnya kembali. Dengan layanan konseling kelompok diharapkan bisa membantu guru BK untuk menyelesaikan masalah yang dialami peserta didik. Tujuan penulisan best practice ini adalah output dari pelaksanaan praktik pengalaman lapangan II. Berdasarkan hasil identifikasi masalah melalui Asesmen AKPD di kelas 8A SMP N 9 Kota Tegal tahun 2024/2025 terdapat peserta didik yang mengalami motivasi belajar rendah dengan prosentase 3,04 %, kemudian melalui diskusi dalam layanan konseling kelompok sebagai landasan untuk menyelesaikan masalah peserta didik. Metode yang digunakan pada best practice adalah layanan Konseling kelompok dengan teknik Kontrak Perilaku. Hasil pelaksanaan dari konseling kelompok demgan teknik kontrak perilaku menunjukkan bahwa ini dapat meningkatkan motivasi belajar kelas 8A SMP N 9 Kota Tegal

Keywords

Motivasi Belajar Layanan Konseling Kelompok Teknik Kontrak Perilaku

Article Details