Main Article Content
Abstract
Keluarga merupakan wadah utama bagi sesesorang untuk berkembang dengan baik secara psikologis setiap individu, sementara psikologis adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku individu. Untuk itu peneliti ingin lebih mengetahui terkait dampak ketidakharmonisan keluarga terhadap perkembangan psikologis pesera didik di kelas IX SMP Negeri 12 Tegal dengan tujuan dari penelitian best practice ini adalah untuk mengetahui dampak negatif dari ketidakharmoniisan keluarga terhadap psikologis peserta didik, untuk menindaklanjui terkait dampak yang timbul akibat ketidakharmonisa keluarga, dan untuk mengetahui dampak sosial peserta didik dilingkungan sekolah akibat dari ketidakharmonisan keluarganya. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif serta menggunakan tehnik studi kasus, dengan sasaran adalah peserta didik kelas IX, guru BK, guru mata pelajaran, wali kelas, kepala seklah, staf tata usaha dan juga para wali murid.