Main Article Content

Abstract

Best Practices meningkatkan kedisiplinan pada peserta didik dengan menerapkan Daily Panner membantu peserta didik terbiasa dengan kegiatan yang dilakukannya yang paling utama dalam merancang kegiatan sehingga terbiasa dengan aktivitas yang dilakukan. Tujuan dari praktik pengalaman pembelajaran ini adalah untuk implementasikan Daily Planner dengan Teknik Self Managemen, kegiatan rancangan harian sehingga aktivitas dapat dilaksanakan dengan konsisten untuk pembentukan karakter disiplin peserta didik. Metode yang dipakai memakai narasi kualitatif studi kasus dan teknik pengumpulan data memakai observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan subjek penelitian kelas X SMA N 5 Tegal. Hasil praktik baik menunjukkan tahap perencanaan yang dilakukan adalah menganalisis masalah dan kemudian membuat RPL yang sesuai dengan permasalahan peserta didik yang diambil dari hasil analisis AKPD. Selanjutnya tahap pelaksanaan memberikan layanan kepada peserta didik dan melaksanankan RPL yang sudah di rencanakan. Pada tahap evaluasi, peneliti bekerja
sama dengan kesiswaan, guru pamong, guru mapel dan wali kelas untuk memantau peserta didik yang kurang disiplin. Data yang sudah dihasilkan konseling behavior dengan daily planner teknik self management meningatkan disiplin peserta didik kelas X di SMA N 5 Tegal sudah terlaksana dengan adanya pembuatan rancangan jadwal kegiatan sehari-hari, peserta didik merasa adanya meningkatnya kedisiplinan.

Keywords

Karakter Disiplin Daily Planner Self Managemen

Article Details