Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berfokus pada hasil best practices yang dilakukan oleh peneliti ketika melaksanakan layanan bimbingan kelompok topik bijak menggunakan gadget dengan metode problem Based learning (PBL) pada peserta didik kelas X 8 SMA Negeri 1 Kramat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam bijak menggunakan gadget dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan refleksi hasil layanan menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning (PBL) secara signifikan meningkat partisipasi peserta didik, minat dan motivasi mereka dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok. Peserta didik menjadi lebih antusias, mampu berkomunikasi dengan baik, bekerja sama dalam kelompok, dan memahami cara bijak menggunakan gadget dengan baik. Kekurangan yang masih terlihat berdasarkan hasil implementasi metode problem based learning (PBL) dalam layanan bimbingan kelompok ini terlihat pada manajemen waktu yang belum baik, sehingga masih ada rencana yang tidak dapat dilakukan