Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pencegahan perilaku bullying melalui layanan bimbingan kelompok dengan metode TPS (Think, Pair, and Share) dengan media papan diskusi studi kasus. Penelitian ini dilakukan selama 1 pertemuan dengan durasi waktu 45 menit. Penelitian ini dimulai dari tahap observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas X TAV 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, instrument need assesmen dan assesmen awal pemahaman dan pencegahan perilaku bullying. serta analisis yang yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil instrument need assesmen menunjukkan adanya 10 peserta didik kelas X TAV 2 yang memilih materi penanganan dan pencegahan bullying (perundungan). Kondisi awal peserta didik dalam pemahaman dan pencegahan perilaku bullying sangatlah rendah, hal tersebut diketahui dari hasil assesmen awal dengan kategori hasil rendah ada 8 peserta didik, dan 2 peserta didik berkategori sedang. Urgensi pemilihan materi ini adalah terdapat 10 peserta didik lebih efektif jika dilaksanakan layanan bimbingan kelompok agar peserta didik mampu memahami materi yang telah disampaikan oleh guru BK, di sisi lain perilaku bullying sedang marak terjadi di lingkungan peserta didik. Adanya layanan bimbingan kelompok ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pencegahan perilaku bullying pada peserta didik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis evaluasi hasil layanan bimbingan kelompok di temukan kenaikan kategori skor, di mana .10 peserta didik kelas X TAV 2 yang mengikuti layanan bimbingan kelompok berkategori tinggi dalam mengetahui dan mencegah perilaku bullying. Upaya peningkatan pemahaman dan pencegahan perilaku bullying dalam penelitian ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan pencegahan perilaku bullying melalui layanan bimbingan kelompok dengan metode TPS (Think. Pair, and Share) dengan media papan diskusi studi kasus pada 10 peserta didik kelas X TAV 2Â