Main Article Content
Abstract
Latar belakang penelitian dimulai dari pengamatan lapangan yang ditemukan sebuah fenomena banyak siswa sering terlambat datang ke sekolah di SMPN 12 Tegal. Sehingga peneliti menemui permasalahan tersebut yang menarik untuk ditelaah dan menunjukkan tanda bahwa beberapa siswa berkaitan dengan masalah kedisiplinan yang cukup serius di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Gambaran dan faktor penyebab perilaku terlambat siswa di SMP Negeri 12 Tegal (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan konseling dengan teknik behavior contract sebagai upaya mengatasi perilaku terlambat siswa di SMP Negeri 12 Tegal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu triangulasi, baik triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 siswa yang sering terlambat datang ke sekolah, wawancara oleh Guru BK, Guru Wali Kelas dan waka kesiswaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku terlambat peserta didik di SMPN 12 Tegal disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti faktor internal maupun eksternal. Hasil pemberian praktik baik terhadap dua subjek siswa di SMPN 12 Tegal yang sering terlambat datang ke sekolah dapat diatasi melalui penerapan layanan konseling behavior dengan teknik kontrak perilaku