Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) melalui pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) pada materi segitiga dan segiempat di kelas VII. Penelitian ini membandingkan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan di SMP Negeri 1 Talang, Kabupaten Tegal. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas VII C pada tahun akademik 2023/2024. Penelitian dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan dua pertemuan di setiap siklus. Materi yang diajarkan adalah segitiga dan segiempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dengan pendekatan CRT meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 5%, dari 83% pada siklus 2 menjadi 88% pada siklus 3. Selain itu, partisipasi peserta didik dalam pembelajaran meningkat secara signifikan, terutama dalam kerja sama kelompok. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini tidak hanya efektif dalam membuat pelajaran lebih menyenangkan dan bermakna, tetapi juga membantu mengembangkan metode pengajaran matematika yang lebih baik di kelas VII.