Main Article Content
Abstract
Motivasi belajar yang baik mendukung peserta didik mendapat hasil belajar maksimal. Namun, masih terdapat permasalahan terkait dengan motivasi belajar peserta didik, terutama pada pelajaran Pendidikan Pancasila. Salah satunya di kelas VIID SMPN 1 Talang, dimana masih terdapat peserta didik yang enggan mendengarkan penjelasan guru, kurang bersemangat, dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, peserta didik di kelas VIID kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Pancasila karena menganggap berisi materi teoritis yang sulit dipahami, belum adanya inovasi pembelajaran, dan mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang berada di jam- jam akhir. Karena itu, diperlukan inovasi untuk menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament. TGT merupakan model pembelajaran koorperatif yang menyajikan komponen pembelajaran dalam bentuk permainan. Penerapan model pembelajaran TGT terdiri dari penyajian kelas, pembagian kelompok, diskusi kelompok, permainan dan pertandingan, serta kesimpulan. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat dikatakan berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas VIID SMPN 1 Talang Tahun pelajaran 2023-2024. Peserta didik memberikan respon positif, lebih bersemangat, aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Pancasila.