Main Article Content
Abstract
Best practice berjudul “Peningkatan Ketrampilan Menulis Surat Dinas dengan Model Pembelajaran Think Talk Write pada Kelas VII B” dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya peserta didik saat pelajaran bahasa Indonesia di kelas VII B. Hal ini lah yang menjadi rumusan masalah untuk bisa meningkatkan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran menulis surat di kelas VIIB. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan ketarmpilan menulis surat melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Brebes. Setelah mengkaji dan menelaah temuan, peneliti memilih pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Hal ini, karena analisis data menggunakan penjabaran deskripsi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Adanya penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write dengan sistem pertandingan peserta didik antusias dalam mengikuti berbagai rangkaian pembelajaran karena adanya diskusi yang jarang mereka laksanakan saat pembelajaran, selain itu dengan melalui diskusi peserta didik dapat berlatih berfikir kritis. Peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran terlihat selama proses pembelajaran berlangsung, peserta didik saling berbagi peran dan bekerja sama, peerta didik dapat berkolaborasi antar anggota kelompok.