Main Article Content
Abstract
Praktik baik pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik dengan model learning cycle berbantuan media puzzle pada pembelajaran teks pidato. Metode yang digunakan dalam praktik baik pembelajaran dilaksanakan di SMP Negeri 2 Brebes, dengan targer penialaian yaitu peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 2 Brebes. Data dalam praktik baik ini berupa deskripsi yang didapat hasil belajar peserta didik. Intrumen yang digunakan dalam praktik baik ini adalah berupa LKPD penyusunan potongan puzzle. Teknik pengumpulan data berupa observasi yang dilihat dari pengamatan sikap peserta didik selama pembelajaran secara langsung. Hasil yang didapat dalam penerapan praktik baik pembelajaran menggunakan model learning cycle berbantuan media puzzle pada pembelajaran teks pidato terhadap kelas VIII I SMP Neegeri 2 Brebes yaitu model learning cycle dan media puzzle cukup efektif meningkatkan keaktifan peserta didik. Seluruh peserta didik cukup antusias dalam pembelajaran. Seluruh peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran karena kelas lebih menyenangkan serta kemampuan peserta didik meningkat dala, berfikir kritis dan bersosialiasi.