Main Article Content

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan identifikasi masalah yang dihadapi perserta didik kelas VII B SMP N 1 Kramat, diperlukan pembelajaran yang menarik dan kreatif pada mata pelajaran PPKn untuk menumbuhkan motivasi dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran yang berpihak pada peserta didik yang dapat diterapkan di kelas diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Tujuan best practice ini 1) Memaparkan penerapan model pembelajaran PJBL di kelas VII B SMP N 1 Kramat; 2) Menganalisis tingkat keberhasilan penerapan PJBL dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas VII B SMP N 1 Kramat. Metode yang digunakan yaitu metode STAR (situasi, tantangan, aksi, refleksi hasil dan rencana tindak lanjut). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik meningkat. Hasil ini di dukung oleh data observasi selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dan data hasil test sumatif yang menunjukan partisipasi peserta didik dalam kelas yang lebih aktif dan hasil belajar yang mengalami peningkatan secara signifikan.

Keywords

Model Pembelajaran PjBL Motivasi Belajar Hasil Belajar

Article Details