Main Article Content

Abstract

Peningkatan mengidentifikasi unsur teks prosedur materi pelajaran teks prosedur menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siswa SMP menjadi tujuan penelitian yang saya pilih. Setelah mengkaji dan menelaah temuan, peneliti memilih metode pembelajaran ini karena dirasa mampu membuat  hasil belajar peserta didik di kelas mengalami peningkatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tarub menggunakan subjek data satu kelas yang yang terdiri dari, 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Peneliti memilih LKPD yang telah dikerjakan siswa selama pembelajaran dua siklus sebagai data penelitian. Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) yang digunakan berjalan terarah, disesuaikan dengan modul ajar yang telah disusun oleh peneliti. Observasi dan tes menjadi metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif berupa penjabaran tertulis. Penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil  belajar siswa. Penerapan metode belajar Teams Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh perubahan besar disetiap siklus belajar guru di kelas.

Keywords

Best practice Teams Games Tournament pembelajaran kooperatif

Article Details