Main Article Content

Abstract

Tujuan best practice ini ditulis yaitu untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada peserta didik selama PPL melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Archivement Divisions (STAD) berbantuan game Matching Pairs. Sasaran penerapan best practice ini yaitu pada peserta didik kelas VIII semester 2 di SMP Negeri 8 Kota Tegal sejumlah 30 orang pada pembelajaran IPA. Dalam proses Best Practice ini penulis menggunakan pokok bahasan pada Materi Campuran. Proses pembelajaran IPA yang penulis lakukan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD berbantuan game Matching Pairs dapat dikatakan layak dijadikan best practice karena dapat membangun motivasi belajar peserta didik yang juga berpengaruh terhadap hasil belajar mereka. Proses pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat diintegrasikan dengan pendekatan pendekatann saintifik serta permainan yang menyenangkan seperti game Matching Pairs sehingga akan menambah ketertarikan dan semangat peserta didk untuk belajar. Sedangkan motivasi belajar peserta didik ini dapat diukur dengan observasi langsung dan tes menggunakan soal pada akativitas belajar mereka. Aktivitas ini menggunakan LKPD yang terintegrasi dengan model STAD serta menggunakan media permainan secara online untuk melalui fitur game Matching Pairs di dalamnya memungkinkan terjadinya kolaborasi antar peserta didik, danĀ  berkompetisi dengan kelompok lain.

Keywords

Best Practice Cooperative Learning Tipe STAD Game Matching Pairs

Article Details