Main Article Content
Abstract
Keterampilan menulis teks biografi merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas X. Berdasarkan hasil observasi, motivasi belajar peserta didik rendah untuk mengerjakan tugas secara berkelompok. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan penilaian teman sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran menulis teks biografi dan (2) mendeskripsikan sikap profil pelajar pancasila dari dimensi berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif peserta didik kelas X G SMA N 1 Brebes pada pembelajaran menulis teks biografi. Penelitian ini mendeskripsikan hasil pelaksanaan best practices menggunakan metode STAR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Project-Based Learning (PjBL) berbantuan penilaian teman sebaya efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peningkatan motivasi belajar dibuktikan melalui perubahan sikap profil pelajar pancasila yang signifikan pada dimensi berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif pada pembelajaran menulis teks biografi. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar, yakni keterampilan menulis teks biografi peserta didik termasuk ke dalam kategori cakap.