PENINGKATAN MENGIDENTIFIKASI TEKS TANGGAPAN MENGGUNAKAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA SMP
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar peserta didik dalam mengidentifikasi ragam kalimat yang di dalamnya mengandung kaidah kebahasaan serta struktur teks tanggapan menggunakan model pembelajaran koperatif jenis team games tournament (TGT) kelas VII A SMP N 2 Tarub dengan jumlah 32 peserta didik. Pendekatan pada penelitian ini ada kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Ada 2 tahapan dalam penelitian ini yaitu, pelaksanaan siklus 1 dan 2. Pembelajaran pada siklus pertama menggunakan metode konvensional, yaitu ceramah. Sedangkan pada pelaksanaan siklus kedua menggunakan model koperatif jenis jenis team games tournament (TGT). Dari hasil penelitian, pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, nilai rata-rata kelas 52,2. Sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran siklus kedua telah terjadi kenaikan, yaitu rata-rata kelas 88,2.