PENINGKATAN MENGIDENTIFIKASI TEKS TANGGAPAN MENGGUNAKAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA SMP

Main Article Content

Aga Juldan Muttaqin
Lely Triana
Sri Haryani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar peserta didik dalam mengidentifikasi ragam kalimat yang di dalamnya mengandung kaidah kebahasaan serta struktur teks tanggapan menggunakan model pembelajaran koperatif jenis team games tournament (TGT) kelas VII A SMP N 2 Tarub dengan jumlah 32 peserta didik. Pendekatan pada penelitian ini ada kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Ada 2 tahapan dalam penelitian ini yaitu, pelaksanaan siklus 1 dan 2. Pembelajaran pada siklus  pertama  menggunakan  metode  konvensional,  yaitu  ceramah.  Sedangkan  pada pelaksanaan siklus kedua menggunakan model koperatif jenis  jenis  team games tournament (TGT). Dari hasil penelitian, pelaksanaan pembelajaran pada siklus pertama menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, nilai rata-rata kelas 52,2. Sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran siklus kedua telah terjadi kenaikan, yaitu rata-rata kelas 88,2.

Article Details

Section
Articles