Main Article Content

Abstract

Kegiatan pembelajaran adalah sebuah proses  melibatkan peserta didik dan guru. Keberhasilan pembelajran juga dipengaruuhi oleh keaktifan peserta didik. Rendahnya keaktifan peserta didik pada  saat  pembelajaran  disebabkan  beberapa  faktor  baik  dari  internal  maupun  eksternal. Dampak wabah covid-19 juga berpengaruh terhadap keaktifan belajar terutama penggunaan gawai yang tidak tepat sehingga  menurunkan kualitas belajar dan semangat belajar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament). Penggunaan model pembelajaran untuk mengatasi peserta didik yang bermain games melalui gawai pada saat pembelajaran dan peserta didik yang tidak aktif dalam kegiatan berkelompok. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model TGT keaktifan peserta didik menjadi lebih baik. Peserta didik yang awalnya kurang semangat dan bermain gawai sendiri menjadi lebih memperhatikaan pembelajaran, suasana kelas lebih aktif, masing-masing peserta didik terlibat dalam tournament, suasana kelas menjadi lebih hidup dan terdapat interaksi antar teman.

Keywords

keaktifan belajar Peserta Didik

Article Details