Main Article Content

Abstract

Layanan responsif adalah layanan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa PPG prajabatan pada saat PPL. Berdasarkan hasil identifikasi masalah melalui asesmen kebutuhan peserta didik kelas X-2 di SMA Negeri 2 Brebes sejumlah 35 peserta didik permasalah tertinggi yaitu pada bisang pribadi sebesar 44,50% . Pelaksanaan bimbingan klasikal menggunakan tehnik permainan Johari Window sebagai cara untuk membantu membentuk konsep diri positif. Johari Window Model yaitu salah satu model untuk mengetahui keterbukaan diri yang menyimpulkan bahwa kesadaran diri dipengaruhi oleh keterbukaan diri dan untuk mendapatkan informasi tentang diri dari orang lain. permainan Johari Window menganalogikan hubungan antar manusia digambarkan sebagai jendela yang terpisah   menjadi empat bagian. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan implementasi dari penggunaan permainan Johari  Windos  untuk membentuk konsep diri positif pada peserta didik kelas X-2 di SMA N 2 Brebes. Penyusunan artikel ini  dilaksanankan dengan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, dan Refleksi) di SMA N2 Brebes. Hasil pelaksanaan bimbingan klasikal ini bahwa terdapat perubahan yang terjadi pada peserta didik menajdi lebih positif, dimana peserta didik kelas X-2 mampu mengenali konsep diri posif serta mengetahui kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri.

Keywords

Johari Window Bimbingan Klasikal Konsep Diri Positif

Article Details