Main Article Content
Abstract
Pembelajaran  berdiferensiasi  merupakan  suatu  model  pelaksanaan  pembelajaran  yang dirancang sesuai dengan keberagaman peserta didik melalui aspek konten, proses, produk, dan lingkungan. Penelitian bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan peserta didik dalam keterampilan menulis puisi kelas VIII menggunakan media belanja diksi. Best practice menggunakan metode kualitatif yaitu mendeskripsikan peristiwa berdasarkan data bukan menggunakan angka. Sasaran pelaksanaan best practice yaitu peserta  didik  kelas  VIII  B  SMP  Negeri  14  Tegal  dengan jumlah  32  peserta  didik.  Teknik penelitian best practice menggunakan teknik observasi. Hasil analisis akan membahas beberapa hal berupa (1) langkah yang dilakukan, (2) strategi yang digunakan, (3) proses, dan (4) sumber daya.  Langkah  penerapan pembelajaran berdiferensiasi  yaitu  (1)  penentuan  tujuan pembelajaran; (2) pemetaan kebutuhan belajar peserta didik baik kesiapan belajar, minat, atau profil belajar; (3) penentuan alat penilaian dan strategi; dan (4) penentuan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang akan diterapkan (konten, proses, produk). Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup.