MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA TEGAL
Main Article Content
Abstract
Pendidikan matematika di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sering menghadapi tantangan dalam mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik, terutama pada materi statistika. Penulisan best practice ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika di SMP Negeri 17 Kota Tegal dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang dibantu oleh media PowerPoint.
Penelitian ini dilakukan selama satu bulan dengan peserta didik kelas VIII A sebagai subjek. Proses dimulai dengan observasi motivasi belajar peserta didik, diikuti dengan penerapan model Discovery Learning yang melibatkan eksplorasi, diskusi kelompok, ceramah singkat, dan presentasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan partisipasi aktif dan pemahaman peserta didik terhadap materi statistika. Penggunaan PowerPoint sebagai alat bantu visual membantu menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan media PowerPoint efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar peserta didik