Main Article Content

Abstract

Penulisan Best Practices ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self-awareness siswa pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran di kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Slawi. Metode penulisan  best practices ini menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi dan Refleksi). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan pemberian angket self-awareness sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran dengan jumlah responden 32 siswa. Dari hasil perhitungan angket self- awareness sebelum pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 62,45% yakni terdiri dari 3 indikator. Indicator pemahaman diri siswa tentang persepsi matematika sebesar 59,06%. Indicator pemahaman perspektif siswa mengenai pentingnya matematika sebesar 63,13%. Indicator ketiga yakni motivasi siswa tampil menyelesaikan permasalahan matematika sebesar 65,16%.  Sedangkan  persentase  rata-rata  sesudah  pembelajaran  memperoleh  hasil  75,11% dengan   Indicator   pemahaman  diri  siswa   tentang  persepsi  matematika  menjadi   74,69%. Indicator pemahaman perspektif siswa mengenai pentingnya matematika naik menjadi 76,72%. Indicator ketiga yakni motivasi siswa tampil menyelesaikan permasalahan matematika naik menjadi 73,91%. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan wordwall mampu meningkatkan self-awareness siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Slawi.

Keywords

problem based learning self-awareness wordwall

Article Details