Main Article Content
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal pada peserta didik kelas VIII A SMP N 17 Tegal yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa ada keluhan terhadap proses pembelajaran IPA yang dilakukan karena tidak disesuaikan dengan modalitas belajar peserta didik. Hal ini membuat peneliti mengevaluasi proses pembelajaran dan berupaya memahami karakteristik peserta didik melalui asesmen diagnostik peserta didik. Selanjutnya proses pembelajaran di SMP N 17 Tegal kelas VIII A mata pelajaran IPA didasarkan pada modalitas belajar peserta didik yang rata-rata memiliki kecenderungan pada modalitas visual. Penerapan pembelajaran sesuai modalitas belajar ditujukan untuk meningkatkan aspek motivasi belajar pada pembelajaran IPA peserta didik kelas VIII A SMP N 17 Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian best practices yang dilakukan dengan cara menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kecenderungan modalitas belajar peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket respon peserta didik untuk memperoleh respon peserta didik berdasarkan enam indikator motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik berdasarkan enam indikator motivasi belajar terkategori tinggi dengan rata-rata persentase 75%.