Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan praktek pembelajaran mandiri dalam best practice yang dilakukan di SMP Negeri 2 Brebes di kelas VIII C semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 31 peserta  didik, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi  peserta  didik melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan percobaan sederhana pada materi campuran homogen dan campuran heterogen. Prosedur kegiatan best practice meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil kemampuan kolaborasi peserta didik terbagi menjadi beberapa aspek meliputi aspek tanggung jawab memperoleh persentase 93,7% dengan kriteria sangat baik; aspek kompromi memperoleh persentase 75% dengan kriteria baik; aspek produktif memperoleh persentase 84,6% dengan kriteria sangat baik; dan aspek adaptasi memperoleh persentase 73,4% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil kemampuan kolaborasi peserta didik memperoleh persentase rata-rata 81,7% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil persentase  peserta  didik  dapat  dinyatakan  bahwa  pembelajaran  dengan  model  inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kolaborasi peserta didik pada materi campuran berbasis homelab dengan memperoleh kriteria sangat baik.