Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan hasil belajar, respon, dan keaktifan belajar yang ditunjukkan oleh siswa pada pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching berbantuan Wordwall pada Materi Segitiga dan Segiempat. Pelaksanaan penelitian ini bertempat di SMPN 1 Talang kelas VII E selama 2 siklus. Target pada penelitian ini yaitu peserta didik sebanyak 32 orang di kelas VII E. Prosedur pelaksanaan penelitian dimulai dari tahap merancang modul ajar, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian berupa hasil belajar peserta didik yang meningkat sebesar 24% dan mencapai KKTP, respon yang diberikan peserta didik adalah menyenangkan, dan keaktifan belajar yang ditunjukkan peserta didik meningkat sebesar 60%.  Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran TGT dengan pendekatan CRT berbantuan Wordwall pada materi Segitiga dan Segiempat mengalami peningkatan hasil belajar, menghasilkan respon positif bagi peserta didik yaitu pembelajaran yang menyenangkan, serta mengalami peningkatan keaktifan belajar siswa.