Main Article Content

Abstract

Penulisan  Best  Practices  ini  bertujuan  untuk  menggambarkan  pengalaman  serta hasil dari implementasi   model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan penggunaan  media  Lembar  Kerja  Peserta  Didik  (LKPD)  berbasis  Liveworksheet dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dalam pembelajaran matematika  di  kelas  VIII  SMP  N  17  Tegal,  guru  mengamati  masih  rendahnya motivasi belajar matematika peserta didik. Beberapa peserta didik kurang memperhatikan, lebih suka mengobrol, tidak mengerjakan tugas dengan baik, dan kurang percaya diri saat presentasi. Pengamatan dengan menggunakan lembar observasi mencatat indikator motivasi belajar seperti kemauan kuat, waktu belajar, kerelaan meninggalkan tugas lain, ketekunan, keuletan, minat terhadap masalah dewasa, kesenangan bekerja mandiri, dan kemampuan mempertahankan pendapat. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media interaktif Liveworksheet terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar. Kesimpulannya, kombinasi PBL yang fokus pada pemecahan masalah kontekstual dan penggunaan Liveworksheet memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi peserta didik. Keterlibatan aktif dalam pemecahan masalah nyata meningkatkan motivasi belajar mereka.

Keywords

Problem Based Learning (PBL) Liveworksheet Motivasi Belajar

Article Details