PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA BANTU LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Penulisan Best Practices ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman serta hasil dari implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan penggunaan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Liveworksheet dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 17 Tegal, guru mengamati masih rendahnya motivasi belajar matematika peserta didik. Beberapa peserta didik kurang memperhatikan, lebih suka mengobrol, tidak mengerjakan tugas dengan baik, dan kurang percaya diri saat presentasi. Pengamatan dengan menggunakan lembar observasi mencatat indikator motivasi belajar seperti kemauan kuat, waktu belajar, kerelaan meninggalkan tugas lain, ketekunan, keuletan, minat terhadap masalah dewasa, kesenangan bekerja mandiri, dan kemampuan mempertahankan pendapat. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media interaktif Liveworksheet terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar. Kesimpulannya, kombinasi PBL yang fokus pada pemecahan masalah kontekstual dan penggunaan Liveworksheet memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi peserta didik. Keterlibatan aktif dalam pemecahan masalah nyata meningkatkan motivasi belajar mereka.